Social Icons

Pages

Rabu, 28 Agustus 2013

Divine Cigarette, Solusi Untuk Para Perokok

Salah satu dosen di JB UB, Prof. Sutiman Bambang Sumitro, yang akrab disapa Prof Timan, telah menemukan solusi untuk para perokok. Divine Cigarette, begitu beliau menamakannya.

Rokok sudah menjadi industri besar yang sekarang menjadi salah satu permasalahan bangsa dimana penanganannya menuntut kearifan. Industri rokok melibatkan banyak tenaga kerja yang perlu diperhatikan dampaknya apabila industri ini ditutup. Hal ini menjadi pemikiran bersama untuk dicarikan solusi terbaik. Inilah yang menginspirasi Profesor yang memiliki bidang keahlian Biologi Sel dan dan Biologi Molekuler untuk melakukan penelitian tersebut.

Prinsip dari Divine Cigarette atau lebih familiar disebut Filter Rokok Sehat ini adalah menghilangkan radikal bebas dari asap rokok dan memodifikasi makromolekul pada asap rokok dengan sentuhan nanoteknologi. Seperti kita ketahui, asap rokok berasal dari pembakaran tidak sempurna yang menghasilkan ribuan komponen berbahaya. “Hipotesis saya, radikal bebas dari asap rokok memang berbahaya. Tapi, komponen racun yang terkandung itu bisa diminimalisasi”, terang Prof Timan seperti dikutip Jawa Pos Group. Berdasarkan keterangan responden yang telah mencoba Filter Rokok Sehat, mereka menyatakan merokok menjadi lebih ringan, bahkan muncul hal-hal yang tidak diduga sebelumnya seperti tidak timbul kabut tebal dan tidak meninggalkan bau di ruangan dan hal yang paling penting adalah perokok pasif bisa lebih berdekatan dengan si perokok.

Seperti dikutip dari Prasetya Online, Bulan Juli 2011 lalu, ABC News Amerika datang ke JB UB untuk mengetahui lebih dekat tentang penemuan Filter Rokok Sehat ini. Peliputan oleh abcNews kali ini adalah sebagai bahan berita untuk program 20/20, sebuah program mengenai investigasi yang berfokus pada cerita yang menarik dan aktual. Rencananya hasil peliputan oleh abcNews akan di tayangkan online melalui website resmi abcNews. Untuk waktu penanyangannya menunggu proses pembuatan berita selesai.

Saat ini Filter Rokok Sehat sedang dalam tahap penyempurnaan dan proses pematenan. Semoga kita bisa mencontoh Prof Timan untuk melahirkan karya-karya demi kesejahteraan umat didunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text